Bagaimana cara praktis menentukan arah Kiblat sholat kita

07

Mar

Bagaimana cara praktis menentukan arah Kiblat sholat kita

Seperti disebutkan di atas bahwa dalam pilih arah kiblat atau arah Ka’bah ada lebih dari satu metode yang benar-benar mampu digunakan. Anda mampu mengfungsikan cara apa-pun kebolehan yang tepat dan fitur yang mampu digunakan sebagai alat untuk mengukur arah kiblat. Dalam postingan ini, kami cuma fokus terhadap metode ini benar-benar sederhana dan mudah digunakan untuk pilih arah kiblat, diantarannya:

1. Metode GPS

GPS adalah proses navigasi yang dikembangkan oleh militer AS. Saat ini ada lebih berasal dari 24 satelit GPS di angkasa dan mengorbit bumi dalam enam orbital. Setiap orbital ada 4 satelit GPS yang GPS satelit mampu menyangkau seluruh daerah terbuka (jika kamar dlm, gua, terowongan mampu tidak ya, di bumi tanpa mengenal waktu (siang atau malam). Menggunakan GPS kami mampu pilih arah kiblat, tapi pertama kami harus paham koordinat berasal dari Ka’bah. Setelah koordinat mengfungsikan GPS Ka’bah maka kami mampu mengatakan jarak ke Ka’bah posisi kami dan kiblat mana kami berdiri.

2. Metode online Qibla Locator

Metode selanjutnya, yaitu, Situs Web Qibla Locator, yang merupakan sebuah web site yang sediakan layanan melacak arah kiblat. Penggunaannya benar-benar sederhana, kami cuma melacak posisi masjid kami mengfungsikan peta google maka bakal garis merah tunjukkan arah kiblat. Jika kami menyimpang berasal dari arah masjid gari berasal dari garis merah maka mampu dikatakan masjid arah kiblat bergeser. Selain arah kiblat, kiblat Locator termasuk sediakan informasi koordinat berasal dari masjid kami, arah (azimut berasal dari magnet utara) dan jarak ke Ka’bah masjid kami.

3. Metode Kompas Magnetic

Di Indonesia khususnya, metode ini adalah metode yang umum digunakan oleh banyak orang. Namun, sebelum saat mengfungsikan metode ini, pertama kami harus paham azimuth berasal dari utara bumi. Untuk mendapatkan azimuth ini mampu dijalankan bersama mengukur arahan terhadap peta dunia atau melacak kiblat locator (metode no.2 di atas).

4. Metode bayangan matahari

Yang disebutkan di atas, bersama metode jam matahari mampu membaca Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, ia sudah menulis sebuah buku berjudul “The arah Ka’bah dan Masalah”. Buku ini membahas bagaimana metode bayangan matahari mampu digunakan sebagai alat ukur kiblat. Matahari adalah metode bayangan metode lama masih digunakan karena cara ini benar-benar sederhana dan mudah dimengerti.

Dalam satu tahun, ada dua kali ketika matahari tepat di atas Ka’bah. 28 Mei (atau 27 di th. kabisat) 12:18 waktu Mekkah dan 16 Juli (atau 15 di th. kabisat) di 00:27. Artinya, tiap-tiap orang yang mampu melihat matahari terhadap waktu itu dan memalingkan wajahnya untuk itu sudah berubah wajahnya ke arah Kiblat. Atau kalau kami melihat bayangan tegak lurus di tanah, maka bayangan bakal membentuk garis arah kiblat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *