Inilah Faktor – Faktor Atau Penyebab Pemborong Kehilangan Keuntungan.

23

Jan

Inilah Faktor – Faktor Atau Penyebab Pemborong Kehilangan Keuntungan.

Saya dari jasa pemborong proyek bogor mencoba memberikan informasi bagi kita semua mudah – mudahan informasi ini berguna untuk kita semua. Banyak sebagian orang beranggapan bahwa seorang pemborong mempunyai tingkat keuntungan yang terbilang besar, benarkah? Ya mungkin itu benar, tapi tahukah anda jika seorang pemborong juga bisa tidak mempunyai keuntungan? Dan semua jawaban itu hanya terdapat pada diri anda masing – masing.

pemborong proyek bogor 2

Seorang pemborong pada umumnya akan mempunyai keuntungan yang sangat besar. Itupun jika tidak terjadinya faktor – faktor atau penyebab yang menyebabkan pemborong kehilangan keuntungan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa pemborong dan pemilik rumah sudah membuat perjanjian harga maupun proses waktu pengerjaan terlebih dahulu sebelum pengerjaan pembangunan dimulai.

Dengan adanya perjanjian tersebut sudah pasti pemborong akan tahu berapa keuntungan yang dia peroleh, namun terkadang beberapa faktor dapat menyebabkan hilangnya keuntungan malah bisa jadi pemborong rugi.

Berikut Faktor – Faktor Atau Penyebab Pemborong Kehilangan Keuntungan :

  • Mundurnya Waktu Pelaksanaan Kerja Diluar Rencana.

Dengan adanya pemunduran waktu pelaksaan kerja tentu akan menambah biaya upah tenaga kerja, biaya alat sewa, serta biaya pekerjaan lainnya. Untuk mengantisipasinya anda wajib membuat terlebih dahulu jadwal masing – masing item pekerjaan secara terperinci. Jadwal yang berisikan daftar pekerjaan, biaya pekerjaan, lama pengerjaan pada setiap item, Jadwal dapat dibuat dengan bentuk bagan, bar chart, flow chart, network planning dan lain lain.

  • Adanya Gangguan Kerja Atau Bencana Alam.

Terjadinya ganguan kerja sudah pasti terjadinya kerugian, mau dari segi waktu maupun biaya itu sudah pasti terjadi. Untuk mengantisipasinya sebaiknya kita membuat list resiko kerja terlebih dahulu atau biasanya dikenal dengan manajemen resiko yang berisi daftar pekerjaan, resiko yang mungkin terjadi, dan upaya untuk mengatasinya.

  • Kenaikan Harga Material Yang Tak Terduga.

Hal ini merupakan salah satu faktor hilangnya keuntungan pemborong, kenaikan harga material ini biasa terjadi pada kontrak borongan berjangka panjang. Beberapa item yang sebelumnya sudah dihitung dengan harga material yang lama dan pada pertengahan proses kerja harga material tersebut naik secara tiba – tiba. Untuk mengantisipasikan hal ini kita perlu membuat perjanjian terlebih dahulu kepada pemilik material sehingga tidak terjadinya kenaikan harga yang secara tiba – tiba, dan kita juga harus membuat angka keamanan harga agar dapat mencegah terjadinya kekurangan hitungan.

  • Kecelakaan Kerja.

Kecelakaan kerja adalah sesuatu hal yang paling tidak inginkan karena jika terjadinya kecelakaan kerja otomatis terjadinya kemunduran waktu pelaksanaan, apalagi jika berurusan dengan pihak kepolisian dan dipasang garis polisi sampai masalahnya selesai. Hal ini sangat membuat waktu kita terbuang sia – sia. Maka untuk mengantisipasikan hal ini perlu dibuat manajemen kecelakaan, mengikut sertakan pekerja pada program asuransi, bekerja sama dengan rumah sakit terdekat, penunjukan penanggung jawab untuk mengelola resiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Mungkin baru ini yang bisa kami sampaikan, dan bagi anda yang mempunyai pengalaman lebih bisa anda isi komentar dibawah. Untuk anda yang ingin mengenal kami lebih dalam bisa anda klik disini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *